Kunjungi Kami di Youtube.com/Tarbitek

Main Menu Bar

banner image

Perbedaan VirtualMachine dan kontainer



Virtualisasi Kontainer

Di dalam konteks virtualisasi Kontainer dapat diartikan sebagai alat yang dapat dipergunakan untuk system yang terisolasi yang terletak pada level operasi sistem yang yang dijalankan pada satu induk kernel atau Host.
Terdapat 2 jenis Kontainer yang umum digunakan yaitu
1. Kontainer berbasis sistem operasi adalah suatu kontainer yang memberikan isolasi pada level sistem operasi dan memanfaatkan kernel yang sama dari suatu induk. contohnya: LXC, openVZ dan lainya.
2. Kontainer berbasis aplikasi adalah suatu kontainer yang memberikan isolasi pada level aplikasi dengan memanfaatkan beberapa komponen yang ada pada sistem operasi induk yang ditambah dengan beberapa komponen pada kontainer lain yang menjadi dasar dari berjalannya suatu aplikasi. Contohya: Docker,Rocket. 


Virtual Machine dan Kontainer
Virtual machine adalah perangkat lunak yang dapat mengisolasi sebuah mesin komputer serta dapat menjalankan semua program seperti komputer aslinya atau duplikat dari komputer asli, sedangkan kontainer adalah suatu teknologi virtualisasi yang dapat mengisolasi sebuah proses dari proses yang lain nya yang akan mengisolasi library dan aplikasi yang digunakan saja tanpa mengisolasi seluruh komponen seperti perangkat keras kernel, serta sistem operasi.
Dalam teknologi virtualisasi virtual machine dan docker sama-sama memiliki konsep skema virtualisasi, akan tetapi ada yang membedakan antara virtual machine dan Kontainer, berikut adalah beberapa perbedaan mendasar antara virtual machine dan kontainer:
·         Virtual machine menggunakan kernel tersendiri sehingga membuat beban pada Host menjadi lebih lebih berat sedangkan Kontainer membagi kernel nya kedalam kedalam kontainer yang sudah ada sehingga lebih efektif digunakan.
·         Virtual machine menggunakan keseluruhan sumberdaya perangkat keras yang ada pada host sehingga host tersebut menjalankan operasi sistem secara ganda bersamaan, sedangkan kontainer bersifat seperti aplikasi dan hanya sedikit menggunakan sumberdaya pada host.
·         Virtual machine tidak dapat mengalokasikan spesifikasi pada antar virtual machine sedangkan docker dapat mengalokasikan spesifikasi antar kontainer sehingga dapat melakukan efesiensi sumber daya dengan sebaik-baiknya pada sistem.

Perbedaan VirtualMachine dan kontainer Perbedaan VirtualMachine dan kontainer Reviewed by Husni Mubarok on 10.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah Membaca Blog saya , silahkan tinggalkan komentar..

Diberdayakan oleh Blogger.