Kunjungi Kami di Youtube.com/Tarbitek

Main Menu Bar

banner image

Teknik-teknik Searching dalam program c++




teknik searching dalam program c++
Sequential Search       Adalah suatu teknik pencarian data dalam array ( 1 dimensi ) yang akan menelusuri semua elemen-elemen array dari awal sampai akhir, dimana data-data tidak perlu diurutkan terlebih dahulu.  Kemungkinan terbaik (best case) adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terdepan (elemen array pertama) sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data sangat sebentar (minimal).   Kemungkinan terburuk (worst case) adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terakhir (elemen array terakhir) sehingga


waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data sangat lama (maksimal). Program melakukan perulangan untuk megakses satu persatu data pada elemen array.     Program menggunakan sebuah variabel flag yang berguna untuk menadai ada atau tidaknya data yang dicari dalam array data. Hanya bernilai 0 atau 1.  Nilai variable flag akan diinisialisasi pada nilai 0.      Apabila data ketemu, maka nilai variable flag akan diberi nilai 1, sedangkan apabila tidak ketemu nilai flag tetap 0.     Program akan mencari seluruh data pada elemen array dengan membandingkan satu persatu.
Binary Search
Teknik pencarian yang akan membagi data menjadi dua pada setiap pengurutan data. Data yang ada harus diurutkan terlebih dahulu berdasarkan urutan tertentu yang dijadikan kunci pencarian.

Prinsip pencarian biner adalah :

-   Data diambil dari posisi 1 sampai posisi akhir N
-   Kemudian cari posisi data tengah dengan rumus (posisi awal + posisi   akhir) / 2
-   Kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data yang di tengah, apakah  sama atau lebih kecil, atau lebih besar.

-   Jika lebih besar, maka proses pencarian dicari dengan posisi awal adalah posisi tengah + 1
-   Jika lebih kecil, maka proses pencarian dicari dengan posisi akhir adalah posisi tengah – 1
Jika data sama, maka pencarian berakhir. Data ketemu
Interpolation Search
Teknik ini dilakukan pada data yang telah terurut berdasarkan kata kunci tertentu. Metode ini menggunakan perkiraan letak data.


Misalkan :
Apabila kita hendak mencari nama dalam buku telepon yang berinisial T, maka kita tidak akan mencari pada awal dayta melainkan akan langsung mecari dengan membuka pada 2/3 atau ¾ dari buku tersebut.
Bisa dikatakan metode ini mencari data relatifd terhadap jumlah data.



Teknik-teknik Searching dalam program c++ Teknik-teknik Searching dalam program c++ Reviewed by Husni Mubarok on 11.12 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah Membaca Blog saya , silahkan tinggalkan komentar..

Diberdayakan oleh Blogger.