Kunjungi Kami di Youtube.com/Tarbitek

Main Menu Bar

banner image

Penjelasan Docker dan komponenya




Docker adalah sebuah platform terbuka bagi para pengembang dan sistem administrator untuk membangun, menyebarkan, dan menjalankan aplikasi terdistribusi baik pada perangkat pribadi seperti laptop ataupun pada virtual data center atau cloud data senter.
Docker kontainer berjalan pada sebuah mesin tunggal yang berbagi pakai sistem operasi kernel yang sama, dan dapat dimulai secara langsung serta menggunakan lebih sedikit RAM. Image (sekumpulan berkas dan folder) dibangun dari filesystem berlapis dan berbagi berkas umum, membuat penggunaan penyimpanan dan image download jauh lebih efisien.

komponen-komponen Docker


·         Docker image 

adalah dasar template untuk docker kontainer, sebuah images yang berisi operasi sistem maupun aplikasi yang akan diinstall dan telah jadi. image ini digunakan untuk menjalankan kontainer, docker index terdapat banyak image yang dapat di pilih dan dapat digunakan sebagai base image.

·         Docker Kontainer 

adalah sebuah image yang dapat dikemas dan dibaca tulis, kontainer berjalan di atas nya. pada setiap perubahan yang dapat disimpan pada kontainer akan menyebabkan terbentuknya layer baru diatas base image.

·         Docker registry 

adalah sebuah repositori distribusi kumpulan docker image yang terpusat baik bersifat public dan private repositori. registry publik disebut dengan dockerhub, didocker hub dapat dilakukan push dan pull image  sendiri.

·         Docker file

adalah skrip yang berisi atau terdiri dari rangkaian perintah yang dieksekusi secara otomatis dan berurutan yang bertujuan membangun sebuah image. Dengan menggunakan perintah docker build dari terminal, maka kan terlihat docker membangun image secara bertahap berdasarkan eksekusi perintah dalam skrip.

·         Docker Repository 

yaitu tempat penyimpanan docker image yang telah dibuat oleh pengembang,

Penjelasan Docker dan komponenya Penjelasan Docker dan komponenya Reviewed by Husni Mubarok on 10.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah Membaca Blog saya , silahkan tinggalkan komentar..

Diberdayakan oleh Blogger.