Kunjungi Kami di Youtube.com/Tarbitek

Main Menu Bar

banner image

Pengertian Virtualisasi dan manfaatnya



Virtualisasi adalah suatu metode menggabungkan dan saling berbagi sumber daya teknologi informasi yang bertujuan untuk mempermudah pengelolaan dan meningkatkan penggunaan aset sehingga sumberdaya teknologi informasi lebih maksimal digunakan serta dapat memenuhi permintaan bisnis, dengan virtualisasi suatu perangkat komputer server dapat digunakan berbagai aplikasi dan sistem operasi sehingga seolah-olah beroperasi dalam beberapa aset. Hal ini dapat meningkatkan utilitas aset dan mengurangi biaya kebutuhan aset fisik. Inti dari virtualisasi adalah membuat suatu simulasi dari perangkat keras, sistem operasi, jaringan dan lainya. virtualisasi digunakan sebagai sarana untuk improvisasi skalibilitas dari perangkat keras yang ada .[5]
“ Menurut Alan Murphy dalam papernya Virtualization Defined Eight Different Ways, menyebutkan setidaknya terdapat delapan istilah dalam penerapan virtualisasi. Diantaranya adalah virtualisasi sistem operasi, virtualisasi aplikasi server, virtualisasi aplikasi, manajemen virtualisasi, virtualisasi jaringan, virtualisasi perangkat keras, virtualisasi penyimpanan dan layanan virtualisasi."
Manfaat Virtualisasi
Virtualisasi memberikan banyak manfaat dibandingkan infrastruktur biasa. yaitu diantaranya dengan virtualisasi dapat mengurangi biaya fiskal dan kemudahan dalam pengelolaan dan pemasangan tambahan. layanan virtualisasi dapat memungkinkan guest tertentu dapat diduplikasi dengan mudah sehingga dapat digunakan dalam melakukan testing aplikasi yang akan dipasang meski dalam lingkungan operasi sistem yang berbeda.


Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan virtualisasi :
·         Meningkatkan Efektifitas Komputer server.
Virtualalisasi memberikan manfaat meningkatkan keefektifan penggunaan sumberdaya komputer seperti RAM dan Prosesor. serta  penghematan terhadap energi listrik dengan sedikit pembelian terhadap fisikal server. penerapan virtualisasi tersebut dengan menggunakan beberapa virtual machine dalam satu fisikal server /Host.
·         Memudahkan dalam Proses Backup dan Recovery.
Setiap server yang dijalankan di dalam sebuah mesin virtual dapat disimpan dalam sebuah image yang berisi seluruh konfigurasi system. Jika suatu saat terjadi masalah pada server yang berjalan, maka tidak perlu memasang dan konfigurasi ulang, cukup dengan mengambil salinan dari image yang telah disimpan.
·         Memudahkan dalam Proses Pemasangan.
Dengan virtualisasi server virtual dapat dikloning dan dapat dijalankan pada komputer lain dengan mengatur sedikit konfigurasi sehingga mengurangi beban kerja para staf teknologi informasi dan dapat mempercepat proses implementasi suatu system.
·         Memudahkan dalam Pengelolaan dan Pemeliharaan.
Jumlah perangkat komputer yang lebih sedikit secara otomatis akan mengurangi waktu dan biaya dalam pengelolaan, serta memberikan kemudahan dalam proses pemeliharaan perangkat yang lebih sedikit.
·         Melakukan Standardisasi Perangkat Keras.
Virtualisasi akan melakukan dan enkapsulasi perangkat keras sehingga proses pengenalan dan pemindahan suatu spesifikasi perangkat keras tertentu tidak menjadi suatu masalah karena akan secara otomatis terbaca oleh sistem.

Pengertian Virtualisasi dan manfaatnya Pengertian Virtualisasi dan manfaatnya Reviewed by Husni Mubarok on 10.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah Membaca Blog saya , silahkan tinggalkan komentar..

Diberdayakan oleh Blogger.